Pengertian PLN Non Tagihan Listrik dan Jenis Transaksinya

Sebagai salah satu pengguna listrik dari PLN, apakah Anda pernah mendengar istilah PLN Non-Tagihan Listrik atau PLN Non-Taglis? Kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui terkait istilah layanan PLN Non Tagihan Listrik ini. Kali ini, akan dibahas mengenai pengertian PLN Non Tagihan Listrik dan jenis transaksinya.

Apa Itu PLN Non Tagihan Listrik?

Istilah dari PLN non tagihan listrik ini merujuk pada layanan selain tagihan listrik. PLN non tagihan listrik merupakan layanan dari PLN untuk jasa di luar pembayaran tagihan listrik, baik pembayaran bulanan ataupun pembelian token listrik. Layanan ini digunakan dalam jangka waktu tertentu tetapi harus tetap membayar biaya yang diperlukan.

Jenis-Jenis Transaksi PLN Non Tagihan Listrik

PLN non tagihan listrik memiliki berbagai jenis layanan atau transaksi yang ditawarkan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis transaksi, tetapi kali ini akan dibahas mengenai 4 jenis layanan yang sering digunakan oleh masyarakat. Apa saja jenis layanan atau transaksinya? Berikut jenis-jenis transaksi atau layanan PLN non tagihan listrik.

1.    Pemasangan Sambungan Listrik

Jenis layanan atau transaksi dari PLN non tagihan listrik pertama adalah mengenai pemasangan sambungan listrik. Untuk memasang listrik yang baru ataupun memasangkan ulang yang lama maka Anda juga harus melakukan transaksi pembayaran untuk jasa tersebut. Sehingga perlu adanya dana yang mencukupi untuk melakukan pemasangan.

2.    Tambah Daya atau Pengurangan Daya

Jika listrik Anda sering mengalami gangguan atau listrik anjlok, maka Anda bisa melakukan tambah daya. Listrik anjlok karena daya yang digunakan oleh barang-barang elektronik Anda lebih besar daripada kapasitas daya listriknya. Namun, jika ingin melakukan pengurangan daya karena biayanya yang cukup besar maka Anda juga bisa menggunakan jasa PLN Non-Taglis ini.

3.    Migrasi Listrik ke Pascabayar atau Prabayar

Migrasi listrik atau PLN merupakan istilah yang digunakan untuk mengubah metode penggunaan serta pembayarannya. Migrasi PLN ini digunakan ketika Anda ingin mengubah listrik Anda yang sebelumnya pascabayar ke prabayar dengan menggunakan token listrik. Berlaku pula sebaliknya, Anda dapat menggunakan layanan ini dengan membayar petugas PLN.

4.    Penyambungan Sementara

Penyambungan sementara merupakan salah satu istilah transaksi dari PLN non tagihan listrik di mana pemasangan daya listriknya bersifat sementara waktu untuk kegiatan tertentu, seperti acara pesta, pernikahan, dan lain sebagainya. Listrik yang dibutuhkan pasti memerlukan daya yang lebih besar daripada biasanya. Oleh sebab itu, Anda dapat menghubungi petugas PLN jika perlu.

Nah, demikianlah pembahasan singkat mengenai apa itu PLN Non Tagihan Listrik dan beberapa jenis transaksi Non Taglis tersebut. Beberapa layanan tersebut dapat Anda dapatkan melalui Orami. Yang mana pada Orami menyediakan berbagai macam kebutuhan Anda, termasuk jual PLN non tagihan listrik dan kebutuhan lainnya, seperti belanja kebutuhan ibu menyusui.

Tinggalkan komentar